binacahya.sch.id
Dalam pembelajaran keterampilan komputer di PKBM Bina Cahya, salah satu materi yang diajarkan adalah penggunaan Canva. Setiap peserta didik mendapatkan fasilitas Canva yang mendukung pengembangan kreativitas mereka dalam berbagai proyek desain, termasuk pembuatan flash card edukatif ini. Dengan adanya fasilitas tersebut, peserta didik lebih mudah mengasah keterampilan mereka dalam desain grafis serta meningkatkan daya tarik visual dari materi pembelajaran.

Pembelajaran berbasis proyek memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik dalam menciptakan sesuatu yang bermanfaat. Salah satu proyek menarik yang dapat dilakukan adalah pembuatan flash card interaktif untuk membantu menghafal istilah dalam Matematika dan Bahasa Inggris. Dengan memanfaatkan Canva, peserta didik dapat mengembangkan kreativitas mereka dalam mendesain flash card yang menarik dan fungsional.

Flash card merupakan media belajar yang efektif untuk meningkatkan daya ingat dan pemahaman konsep. Dengan ukuran yang ringkas (37 mm x 90 mm) serta bahan karton berlaminasi, flash card ini tidak hanya tahan lama tetapi juga dapat dijadikan gantungan tas, sehingga mudah dibawa dan digunakan kapan saja.


Proyek ini dimulai dengan perencanaan desain menggunakan Canva, sebuah platform desain grafis yang intuitif dan mudah digunakan. Peserta didik akan memilih warna, font, serta elemen visual yang menarik untuk mendukung daya tarik flash card mereka. Proses pembuatan dimulai dengan menentukan materi yang berisi istilah penting dalam Matematika dan Bahasa Inggris. Setelah itu, peserta didik membuat desain di Canva dengan menambahkan teks, ikon, dan warna yang menarik. Setelah desain selesai, flash card dicetak di atas kertas karton lalu dilaminasi agar lebih tahan lama. Untuk menambah fungsionalitas, setiap flash card diberi lubang kecil agar bisa dikaitkan menjadi satu set atau dijadikan gantungan tas.

Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan desain grafis menggunakan Canva, membantu peserta didik dalam menghafal konsep Matematika dan Bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan, serta mendorong pembelajaran berbasis visual yang lebih efektif dan interaktif. Selain itu, proyek ini juga mengembangkan keterampilan dalam membuat produk edukatif yang dapat digunakan secara praktis. Melalui proyek ini, peserta didik tidak hanya belajar mendesain, tetapi juga memahami bagaimana memanfaatkan teknologi dalam pendidikan serta menciptakan alat bantu belajar yang menarik dan efektif. Dengan flash card kreatif ini, belajar Matematika dan Bahasa Inggris menjadi lebih mudah, menyenangkan, dan bisa dilakukan di mana saja!

Tags: BCKeterampilan

Posting Komentar

0 Komentar

Produk

Produk Unggulan
Langsung ke konten utama